Jumat, 14 Mei 2010

intelegensi pada anak

I.Q (INTELLIGENCE QUOTIENT)
DAN MANAJEMEN MENCERDASKAN OTAK
APAKAH KITA BISA MENINGKATKAN IQ KITA? JAWABNYA BISA

Dibuat sebagai tugas dalam mata kuliah

PENYUSUN:
Dr Hj LIZA Mpd.i
PROGRAM PASCASARJANA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
CIREBON
2007

BAB I
PENDAHULUAN

Pemeriksaan intelegensi biasanya digunakan untuk mendeteksi anak yang rendah kecerdasannya untuk ditentukan pendidikan khusus yang sesuai dengannya, awalnya test IQ didesain untuk membandingkan kecerdasannya dibandingkan umurnya, bila kecerdasannya melebihi umurnya maka anak ini disebut smarter (lebih cerdas) dari pada yang normal, dan akan diberi skor yang tinggi, anak yang kepandaian nya dibawah umurnya maka dia akan mendapat nilai skor yang rendah IQ, or Intelligence Quotient, was used to detect persons of lower intelligence, and to detect children of lower intelligence in order to place them in special education programs. The first IQ tests were designed to compare a child's intelligence to what his or her intelligence "should be" as compared to the child's age. If the child was significantly "smarter" than a "normal" child of his or her age, the child was given a higher score, and if the child scored lower than expected for a child of his or her age, the child was given a lower IQ score.( Microsoft® Encarta® Online Encyclopedia 2003)
Semua orang didunia ini ingin berhasil dalam kehidupannya, walaupun demikian tidak cukup hanya cerdas maupun punya IQ superior, karena pengaruhnya hanya 48 % & selanjutnya lingkunganlah yang mempengaruhi masa depan seorang anak. Tapi olah kecerdasan juga tidak bisa dianggap kecil, otak harus di selalu di beri nutrisi yang baik, diberi stimulasi yang baik. agar bisa berkembang optimal.
Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion (angka 1 diikuti dengan 15 angka nol) koneksi. komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.
Tidak ada istilah anak yang bodoh sebenarnya, yang benar ádalah anak yang Belum memahami suatu konsep, karena belum mendapatkan bimbingan belajar yang optimal . setiap anak punya keunikan sendiri, kadang orang tua hanya menganggap bila anak tidak bisa matemátika itu bodoh, padahal mungkin dia cerdas di pelajaran yang lain. orang tua menganggap anak yang masuk ke jurusan eksak akan lebih pandai berlogika, dan dengan demikian akan lebih berhasil hidupnya, padahal hal demikian diluar negeri sudah tidak dianggap. Apakah kemudian anak yang masuk jurusan eksak akan lebih berhasil dengan anak yang masuk jurusan bukan eksak. Ya tidak juga. Karena hidup bukan sekedar berlogika saja.

Menurut Adi wiguna dalam bukunya apakah IQ anak dapat ditingkatkan, jawabnya ya, karena berdasarkan penelitian IQ itu dapat naik dan Turun, ada metode seperti mendengarkan musik Mozart “ Sonata for Two Pianos in D: dengan hanya mendengarkan dalam 15 menit, maka IQ dapat meningkat sebesar 8 sampai 9 poin.bagaimana sebuah musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan , karena getaran atau frekwensi tertentu yang diterima telinga akan mengaktifkan sel otak, frekwensi yang dapat menrecharge sel otak ini adalah frekwensi 8000 Hz atau 8 KHz, dari penelitian ini bahwa lagu-lagu Mozart Sangat kaya akan frekwensi 8 KHz. Itulah sebabnya kita akan segar setelah mendengarkan musik Mozart. Lagu-lagu seperti heavy metal , akan menguras energi otak sehingga membuat tubuh lelah.(Wiguna, Adi, 2007: 21)
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap 1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2 komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik sistem yang menata fungís emosi

Fungsi Otak kanan dan kiri
Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi keduanya mempunyai fugsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal, menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfkir otak kanan lebih bersifat acak, tidak teratus,intuitif, holistik, bersifat non verbal, kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)

BAB II
TEST IQ
Test Intelegensi adalah salah satu test psikologik yang sampai Sekarang masih dianggap valid . Test ini adalah suatu cara numerik untuk menyatakan taraf intelegensi dengan rumus :
H. I = Umur Mental X 100 H.I = hasil bagi intelegensin/IQ
Umur kalender
Umur mental didapat pada test intelegensi, umur kalender diambil paling tinggi 15 biarpun sebenarnya lebih, karena dengan test intelegensi yang ada Sekarang sukar untuk mengukur perbedaan intelegensi diatas umur 15 tahun (Maramis,1980: 172).
Retardasi mental hádala keadaan dengan intelegensia yang kurang (subnormal) Sejak masa perkembangan (Sejak lahir atau Sejak masa anak) . Biasanya terdapat perkembangan mental yang kurang secara keseluruhan (seperti juga pada demencia), tetapi gejala utama (yang menonjol) ialah intelegensi yang terbelakang , Retardasi mental disebut juga Oligofrenia (oligo = kurang atau sedikit dan fren = jiwa) atau tuna mental.(Maramis,1980. 386)


TABEL 2. CIRI-CIRI PERKEMBANGAN PENDERITA RETARDASI MENTAL (Maramis, 1980, 392)

Tingkat Retardasi Mental Umur pra-Sekolah: 0 – 5 tahun, pematangan dan perkembangan Umur sekolah 9 – 20 tahun , Latihan dan Pendidikan Masa Dewasa: 21 tahun atau lebih , kecukupan soaial dan pekerjaan
Berat Sekali Retardasi berat, kemampuan minimal untuk berfungsi dalam bidang sensori-motorik, membutuhkan perawatan Perkembangan motorik sedikit, dapat bereaksi terhadap latihan mengurus diri sendiri secara minimal atau terbatas Perkembangan motorik dan bicara sedikit, dapat mencapai mengurus diri sendiri secara sanga terbatas, membutuhkan perawatan
Berat Perkembangan motorik kurang, bicara minimal, pada umumnya tidak dapat dilatih untuk mengurus diri sendiri, keterampilan komunikasi tidak ada atau hanya sedikit sekali Dapat berbicara atau belajar berkomunikasi, dapt dilatih dalam kebiasaan kesehatan dasar, dapat dilatih secara sistematis dalam keadaan kebiasaan Dapat mencapai sebagian dalam mengurus diri sendiri dibawah pengawasan penuh, dapat mengembangkan secara minimal berguna keterampilan menjaga diri dlam lingkungan yang terkontrol
Sedang Dapat berbicara atau belajar berkomunikasi , kesadaran sosial kurang , perkembangan motorik cukup, dapat mengurus diri sendiri, dapat di atur dengan pengawasan sedang Dapat dilatih dengan ketempilan sosial dan pekerjaan, sukar maju lewat kelas 2 SD dalam mata pelajaran akademik, dapat belahar bepergian sendiri ditempat yang sudah dikenal Dapat mencari nafkah dalam pekerjaan kasar (unskilled) atau setengah terlatih dalam keadaan yang terlindung, memerlukan pengawasan dan bimbingan bila mengalami stress sosial atau stress ekonomi yang ringan
Ringan Dapat mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi, keterbelakangan minimal dalam bidang sensorimotorik, sering tidak dapat dibedakan dari normal hingga usia lebih tua Dapat belajar keterampilan akademik sampai kira-kira kelas 6 pada umur belasan tahun (dekat umur 20 tahun) dapat dibimbing ke arah konfrontasi sosial. Biasanya dapat mencapai keterampilan sosial dan pekerjaan yang cukup untuk memcari nafkah, tetapi memerlukan bimbingan dan bantuan bila mengalami stress sosial atau stress ekonmi yang luar biasa
(freedman, A.M, Kaplan, H.I dan Sandock, B,J) : Modern Synopsis of Comprehensive TextBook of Psychiatry, Willians & Wilkins Co. Baltimore , 1972 , HI, 313)

BAB III
LATIHAN OTAK
OPTIMALISASI FUNGSI DENGAN METODE FRITZ’BRAIN

TIM POWER BRAIN INDONESIA mengeluarkan buku bagaimana kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam sehari selama 30 hari dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini akan disebutkan beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.

A. Latihan mengolah otak
Hari 1
Latihan asosiasi persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang listrik – ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2
Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki , perempuan, pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 3
Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5 menit (umur >15 tahun , 3 menit) daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi, pensil. Garpu, lagu , buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup ingat 6 kata, 10- 15 tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam waktu 3 menit.
Hari 4
Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis kesannya terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata. Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.
Hari 5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti contoh berikut dengan ketentuan : - bagi yang biasa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai menggambar dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas



Hari 6
Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih koordinasi, lemparkan sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang sampah dengan jarak 3 meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan tinggkat kesulitan, Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur 10 – 15 tahun , jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak keranjang 4 meter.
Hari 7
Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5 orang nama teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.
Hari 8
Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 9
Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan kata-kata, garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 10
Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi menggunakan gambar.
Hari 11
Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis matematika, dengan mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari

B.TEORI LATIHAN
1. Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
2. Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun, latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil kembalim fakto atensi, konsentrasi.
3. Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
4. Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
5. Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen : yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf kepala vestbulocochlearis
6. Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan menjadi damai.
7. Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,


C.Macam-macam kecerdasan
1. Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
2. Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri , mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh bagaimana kita mengenal diri sendiri;
3. Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah tersebut.
4. Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan menyelamatkan diri.
5. Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
6. Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
7. Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
8. kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat

BAB IV
HAL-HAL YANG MEMACU DAN MENGHAMBAT KESEHATAN OTAK

Saran-saran Jean Casper untuk cerdas dengan makanan seperti yang di sari oleh Jalaludding Rahmat dalam bukunya berjudul Belajar Cerdas , belajar berbasis otak.dibawah ini. Hanya 9 yang dimasukan oleh penulis, kiat ke 10 menjadi tambahan yang di ganti oleh penulis.
1.Makan multivitamin,
Penelitian membuktikan bahwa vitamin dan mineral yang secukupnya dapat memelihara otak , meningkatkan kemampuan intelektual, tidak hanya bayi, orang tua juga perlu vitamin dan mineral, menunjang otak yang menua, penelitian membuktikan orang tua yang makan vitamin bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik.
Vitamin B sangat penting merawat otak yang menua dan mencegah dimensia , depresi., Vitamin B12 adalah makanan otak , terlibat dalam pembuatan sintesis protein, yang membentuk selubung pelindung yang mengelilingi neuron dan memungkinkan neuron mencatat serta menarik kembali ingatan. Michael Freedman , kepala bagian geriatri di New york University Medical Centre meyakini bahwa 7 – 15 % dari seluruh jumlah manula menderita kekurangan B12 karena kandungan asam lambung berkurang dengan sejalan usia sehingga pencernaan vitamin B 12 lebih sulit dilakukan.(Kennet Giuffree, Theresa, 1999: 67 )
2.Makan vitamin anti oksidan
makan pil multivitamin aja enggak cukup tampa Vit E dan C yang , asam alfa lipotik, dan koenzim Q 10, beberapa penelitian membuktikan orang yang hanya minum multivitamin saja tampa vitamin E akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Dan tidak satupun orang tua yang makan vitamin E dan C menderita alzeimer.. kalau perlu anda mengambil anti oksidan sekaligus kata Dr. Lester Packer dari Universitas California , karena anti oksidan tidak bekerja sendirian, kekuatan antioksudan menjadi lebih kuat bila digunakan bersama-sama.
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
Berarti buah dan sayuran yang dipenuhi anti oksidan, penelitian membuktikan binatang yang diberikan makanan anti oksidan tinggu lebih lambat kerusakan otaknya. Lebih tinggi kemampuan mentalnya. Lebih mampu mengembalikan memorinya dalam usia tua. Sangat menabjubkan bahwa sayuran dapat meremajakan otak, umumnya buah-buahan kaya dengan anti oksidan, jika camilan kita ganti dari keripik ke apel , prem , kismis maka kemampuan intelektual dan kebahagian emosional dapat ditingkatkan.
4.Minum Teh
Dr. John Weisburger , peneliti di American Health Foundation, bahwa minum teh adalah cara termudah dan tercepat memasukan anti oksidan kedalam tubuh dan otak, dengan minum teh dalam waktu singkat masuklan 1200 ORAC antioksidan, 1/3 dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian.
5. Hindari Lemak yang buruk
Lemak yang buruk seperti yang ada pada makanan siap saji, seperti burger , lemak tersebut akan menurut penelitian akan merusak konfigurasi membram sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan synaps dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter, pembawa pesan dalam otak. Sama bahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu jenuh yang mengandung OMEGA 6 , disinyalir omega 6 dapat menimbulkan rangkaian peradarangan kronis didalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak dan serangan otak dan penyakit alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarine, donat, kentang cepat saji dapat merusak pembuluh darah ke dalam otak.
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
Dengan memakan ikan dengan suplemennya, lemak yang dibutuhkan ini menjadi suplemen otak, membangn struktur otak, dan membantu metabolisme otak, menumbuhkan dendrit dan sinaps, membuat hati senang dan tenang. kegagalan mendapatkan omega 3, berakibat rendahnya IQ pada taraf selanjutnya. Sejarah membuktikan untuk menghancurkan bangsa Indonesia Belanda mempropaganda bahwa ikan tidak baik untuk di konsumsi , bisa menyebab kan cacingan, mata belekan, anak korengan , ASI akan bau amis. dan lain-lain.
Salah satu minyak ikan yang mengandung DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, mencegah dan mengobati Alzheimer.


7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tidak bagus untuk badan dan otak karena kelebihan gula dapat menimbulkan resistensi insulin, bisa menyebabkan kenaikan gula darah , bila terus menerus meningkat di darah, pembuluh darah mudah rusak, bila terjadi di pembuluh darah otak menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi otak.
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
kelebihan berat badan menimbulkan resistensi insulin , tekanan darah tinggi dan diabetes melitus, kerusakan memori, mengurangi kerusakan otak dari perusakan radikal bebas dengan mengurangi kalori.
9. Hindari stress, dan berolah raga
Stress mental , biasanya akan membajiri otak dengan, adrenalin, dan kortisol yang menimbulkan stress,ini dapat menimbulkan kerusakan neuron otak. Olah raga membuktikan meningkatkan aliran darah keotak , membebaskan darah dari penggumpalan, memperbesar memori dan kemampuan belajar. Olah raga meningkatkan kadar serotonin dasar dalam otak, ini menurunkan depresi dan memperbaiki pola tidur, juga menurunkan kortisol yang biasanya jumlah nya berlebihan pada saat depresi dan stress.
10.Hindari rokok
Rokok adalah radikal bebas yang mengandung jutaan racun yang lama-lama akan menghancurkan system metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, dan mempermudah terjadinya arteriklerosis pada pembuluh darah, yang lama-lama dapat merusak organ yang diperdarahinya, bila mengenai otak akan menyebabkan stroke, bila ke jantung menyebabkan jantung koroner, dan lain. Lain.


KESIMPULAN

Pemeriksaan intelegensi biasanya digunakan untuk mendeteksi anak yang rendah kecerdasannya untuk ditentukan pendidikan khusus yang sesuai dengannya, awalnya test IQ didesain untuk membandingkan kecerdasannya dibandingkan umurnya, bila kecerdasannya melebihi umurnya maka anak ini disebut smarter (lebih cerdas) dari pada yang normal, dan akan diberi skor yang tinggi, anak yang kepandaian nya dibawah umurnya maka dia akan mendapat nilai skor yang rendah IQ,
Fungsi Otak kanan dan kiri
Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi keduanya mempunyai fugsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal, menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfkir otak kanan lebih bersifat acak, tidak teratus,intuitif, holistik, bersifat non verbal, kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan warna, kreativitas, visualisasi.
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil
H I = Umur Mental X 100 H.I = hasil bagi intelegensin/IQ
Umur kalender

SANGAT SUPERIOR > 130
SUPERIOR 110 - 130
NORMAL 86 - 109
Keadaan bodoh/bebal 68 - 85
Debilitas (keadaan tolol) 52 – 85
Imbesilitas (keadaan dungu) 36 – 51
20 - 35
Idiosi (pandir) < 20

TIM POWER BRAIN INDONESIA mengeluarkan buku bagaimana kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam sehari selama 30 hari dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini akan disebutkan beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.

A. Latihan mengolah otak
Hari 1.Latihan asosiasi persamaan
Hari 2.Latihan Asosiasi perbedaan,
Hari 3.Daya Ingat
Hari 4.Kecerdasan musikal,
Hari 5.Keseimbangan otak kiri dan kanan,
Hari 6.Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik
Hari 7.Kecerdasan Inter dan Intra personal
Hari 8.Asosiasi persamaan’
Hari 9 dan seterusnya berulang seperti diatas

10 sehat untuk mencerdaskan otak
1.Makan multivitamin,
2.Makan vitamin anti oksidan
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
.4.Minum Teh
5. Hindari Lemak yang buruk
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
9. Hindari stress, dan berolah raga
10.Hindari rokok



Brain with Alzheimer’s Disease

This computer graphic compares the brain of a patient with Alzheimer’s disease, left, with a normal, healthy brain, right. A degenerative disease, Alzheimer’s disease causes brain tissue to shrink and leads to a gradual, irreversible loss of memory and language ability.
Photo Researchers, Inc./Alfred Pasieka/Science Photo Library
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.


DAFTAR PUSTAKA
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation. All rights reserved.
Adi W. Gunawan, apakah IQ anak bisa ditingkatkan, Gramedia 2007
Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning.Kaifa, 2005
TIM POWER BRAIN INDONESIA, Latihan Otak.Nuansa, 2005
Taufik Pasiak, Manajemen kecerdasan, mizan, 2006
W.F Maramis, Ilmu kedokteran Jiwa, Air Langga Press, 1980

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar