Jumat, 14 Mei 2010

kloning dalam islam dan ilmu

Kloning dalam Islam dan Ilmu
By dr liza (drlizasfyn@gmail.com)
Kloning adalah kemajuan biotehnologi yang cukup mengemparkan dunia ketika lahirlah seekor domba yang diberi nama Dolly, sehingga diangan-angankan bahwa suatu saat kloning juga dapat dipakai untuk melahirkan manusia kloning , yang dihasilkan dari penggandaan gen dan menghasilkan keturunan yang sifat nya sama dengan induknya baik sifat dan hereditas maupun fisiknya.
Bagaimana Islam Melihat masalah Kloning, karena Kloning adalah persoalan kontemporer yang hukumnya sendiri tidak pernah dibicarakan dalam al-Quran maupun Hadist dan ijtihad para ulama Mutaqaddimin. Salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menetapkan hukumnya adalah melalui ijtihad.
Manfaat positif yang mungkin diperoleh antara lain: (1) kloning dapat membantu pasangan suami-istri yang mempunyai problem reproduksi untuk memperoleh anak, (2) Dengan kloning , para ilmuwan dapat mengobati berbagai macam penyakit akibat rusaknya, beberapa gen yang terdapt dalam tubuh manusia,(3) Kloning memberikan peluang kepada para ilmuwan untuk menentukan karakteristik (fisik dan mental),(4) ilmuwan dapat menentukan silsilah seseorang yang tak dikenal (5) dapat menjadikan sebagai dasar untuk membuktikan pelaku perzinahan.
Implikasi negatif (1) Proses penciptaan manusia merupakan hak prerogatif Allah semata (the divine will), dengan mengkloning manusia , berarti telah memasuki dan mengintervensi ranah kekuasaan Allah, (2) para ilmuwan tersebut tidak mempercayai bahwa Allah adalah pencipta yang paling sempurna (ahsan al-Khaliqin), (3) Tuhan telah menciptakan manusia dengan keragaman, kloning manusia bertentangan dengan sunatullah. (partaonan Daulay, 2005 . 92)
Menjadi hal yang menarik pada poling tahun 2001 oleh CNN, diantara1005 orang amerika yang menganggap kloning manusia adalah ide yang buruk lebih dari 90 persen. Dan hampir 69 persen menganggap itu adalah melawan kehendak Tuhan. Hanya 19 persen pada tahun 1997 yang menganggap tidak melawan kehendak Tuhan dan meningkat pada tahun 2001 , 23 persen menganggap itu tidak melawan perintah Tuhan.
A 1997-FEB CNN poll conducted among 1,005 American adults has a margin of error of 3%. They found:

93% felt that cloning humans is a bad idea

66% felt that cloning animals, such as sheep, is a bad idea

69% are scared of the possibility of cloning humans
74% believe that human cloning is against God's will; 19% say that it is not.

A subsequent Time/CNN poll, conducted on 2001-FEB found:
90% felt that cloning humans was a bad idea

67% felt that cloning animals, such as sheep, was a bad idea.

45% believe that it will be possible to clone a human within the next ten years.

69% believe that human cloning is against God's will; 23% say that it is not.

Dalam kloning therapetik adalah rekayasa genetis untuk memperoleh sel, jaringan , organ dari satu individu tertentu untuk tujuan pengobatan atau perbaikan kesehatan, dari embrio hasil konstruksi DNA sel telur diambil sel-sel bakalnya yang disebut stem cell, Stem cell adalah sel bakal yang dapat berkembang menjadi bermacam-macam jaringan atau organ yang sesuai dengan indukto (rangsangan) yang diberikan. Walaupun berkembang menjadi jaringan yang berbeda, namun sel yang berasal dari stem cell yang sama memiliki sifat genetik yang sama sehingga tidak akan terjadi proses penolakan . dengan kloning therapetik diharapkan dapat membantu pencakokan jaringan yang tidak ada kepastiaannya bila menunggu dari donor manusia lain.
Baru-baru ini ada perusahaan di Amerika yang mengusahakan pembentukan stemcell tampa cloning dari ovum manusia lain atau pun binatang. Jadi stem cell dihasilkan dari cell manusia itu sendiri dari darahnya , untuk pengobatan penyakit jantung koroner.seperti penyakit angina pectoris dengan keluhan nyeri dada , perusahaan ini bernama thera Vitae, yang menjamin tidak adanya usaha mengunakan ovum wanita lain dalam pembentukan stem cell
Iskemi pada jantung disebabkan karena berkurangnya aliran darah dan oksigen kejantung sehingga tidak tercukupinya kebutuhan otot jantung , iskhemia ini muncul bila arteri koronaria menyempit atau tertutup secara penuh sehingga aliran darah dan oksigen yang tersalur ke otot jantung berkurang, timbullah nyeri dada
TheraVitae is focused on the discovery, development, application, and commercialization of cell-based therapies for the treatment of ischemic heart disease. Cardiac ischemia is the name for lack of blood flow and oxygen to the heart muscle. It is a situation in which the blood flow within a coronary artery is limited to the point where the oxygen needs of the heart muscle cannot be met. Cardiac ischemia occurs when a coronary artery (which delivers oxygen-rich blood to the heart) is either narrowed or completely blocked. As a result of this blockage, blood flow and oxygen delivery to the heart muscle are limited.


BAB I
PEMBAHASAN
Kloning secara etimologis berasal dari kata”clone” yang diturunkan dari kata yunani ”klon” atau potongan, yang dipergunakan untuk memperbanyak tanaman. Kata ini digunakan untuk 2 pengertian: (1) klon sel yang artinya menduplikasi sejumlah sel dari sebuah sel yang memiliki sifat-sifat genetikanya identik, dan (2) Klon gen atau molekular, artinya sekelompok salinan gen yang bersifat identik yang direplikasikan dari satu gen ke gen yang lain.
Ditinjau dari cara kerja dan tujuannya, Kloning dapat dibedakan atas 3 macam: Kloning embriologi (embrional cloning), Kloning DNA dewasa (Adult DNA Clonning)/Kloning reproduksi (reproduktive cloning dan Kloning terapetik(therapeutic cloning)
Cloning is the production of one or more individual plants or animals (whole or in part) that are genetically identical to an original plant or animal. Therapeutic Cloning is also called biomedical cloning, and research cloning. It involves the process of somatic cell nuclear transfer in which the nucleus of a cell from a human patient's body is injected into a human ovum which has had its nucleus removed. The goal of therapeutic cloning is to develop organs for transplant that have an identical DNA structure to the organ recipient. It does not involve the attempt to create a newborn. Kloning adalah usaha memproduksi satu atau lebih individual tanaman atau hewan (keseluruhan atau hanya perbagian saja), yang secara genetika sama dengan induk tanaman atau binatang tersebut.
Kloning pengobatan (therapeutic cloning adalah disebut juga biomedical cloning yang melibatkan proses somatic sel nucleus yang di suntikan pada ovum seorang wanita yang sudah di angkat nukleusnya, dan Tujuan dari terapi cloning ini adalah untuk mengembangkan organ yang akan ditransplantasikan yang secara genetika /DNA structural nya sama dengan sipenerima transplantasi karena berasal dari sel nya sendiri. Sehingga resiko penolakan organ menjadi kecil karena jaringan dan organ yang ditransplantasikan mempunyai sifat genetik yang sama.
Ovum seorang wanita mengandung nucleus (intisel) berisi DNAnya, kemudian berperan somatic sel yang di transfer ke pada ovum wanita yang mengalami tindakan sebagai berikut: : Ovum seorang wanita diambil kemudian , nukleus diangkat diganti dengan sel lain dari wanita tersebut lalu di beri electric shok, mulailah terjadi pembentukan preembrio. Dan preembrio yang terbentuk akan membentuk banyak stemcell , dan stem cell tadi dapat memacu tumbuhnya jaringan atau organ yang dibutuhkan untuk tumbuhnya organ dan jaringan yang ditumbuhkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pasien seperti jantung, parkinson. Stem cell adalah cel manusia yang unik yang secara teori dapat berkembang menjadi macam-macam organ dan bagian tubuh manusia, kemudian jaringan dan organ tersebut di transpalantasikan kepada pasien. .Kloning membuktikan bahwa tidak hanya sel kelamin yang dapat bereproduksi, sel somatic (semua sel selain sel kelamin yaitu sel saraf, , sel kulit, sel tulang, sel otot , dsb) juga dapat menghasilkan individu baru asal diimplantasikan ke dalam sel telur yang penuh dengan gizi untuk pertumbuhan embrio. Kedua, sel-sel tubuh kita yang dianggap sebangai sel-sel yang hanya bisa beregenerasi sebagai jenis yang sama dari dirinya sendiri (sel rambut yang membelah diri hanya bisa membentuk sel rambut lainnya) ternyata dapat beregenerasi menjadi berbagai jenis sel lainnya, yang akhirnya menjadi sebuah individu baru yang lengkap. Inilah yang menjadi pemicu berkembangnya penelitian stem cell, sel muda yang dapat berkembang menjadi sel
Cell Therapy

TheraVitae utilizes advanced cellular therapy strategies to achieve effective groundbreaking medical treatments. Cell therapy is the treatment of human disease by the transplantation of cells that have been isolated, multiplied and processed outside the body, in order to replace, repair or enhance the function of damaged tissues or organs., PENGOBATAN MENGUNAKAN METODE CEL TERAPI , DIMANA CELL YANG TELAH DIISOLASI DARI PASIEN SENDIRI DIOLAH DI LABORATORIUM DITRANSPLANTASIKAN KEMBALI KEDALAM JARINGAN YANG TELAH RUSAK.SEHINGGA JARINGAN ATAU PEMBULUH DARAH YANG RUSAK DAPAT KEMBALI NORMAL


Kloning dianggap dapat menolong pasangan yang tidak mempunyai keturunan dicoba berbagai cara, baik publikasi yang menggembar-gemborkan telah lahir seorang bayi perempuan tahun 2002, yang foto bayi maupun ibunya tidak pernah diketahui identitas yang sebenarnya. Apakah ini hanya propaganda untuk menarik investor untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan kloning pada manusia. Walahualam. Karena beberapa ilmuwan menyatakan kemungkinan sulit untuk menerapkan kloning pada manusia. Karena untuk melahirkan domba dolly diperlukan 277 sel telur yang akhirnya berhasil menghasilkan satu mahluk hidup, apakah ini sebagai penyelamatan mahluk hidup atau bahkan pemusnahan mahluk hidup?
Arthur Caplan, pakar etika kedokteran Universitas Pennsylvania mengatakan, ia ragu Clonaid sukses menciptakan kloning lewat 10 percobaan. Menurut Caplan, percobaan pada hewan umumnya hanya menciptakan satu keberhasilan dalam 400 percobaan. Caplan mengatakan. kloning juga sangat berbahaya Jika Anda melihat apa yang terjadi pada kloning hewan, setengah jumlah hewan hasil kloning mati dalam waktu satu tahun, sementara mereka yang bertahan hidup mengalami gangguan kesehatan. Saya pikir, kloning pada saat ini merupakan jalan menuju penyakit yang abadi. Caplan mengatakan masih dibutuhkan waktu yang lama sebelum bayi kloning yang sehat terlahir. Meski demikian, kelompok Raelian bersikeras mereka telah berhasil dan kelak akan mengajukan bukti ilmiah. Bahkan, tidak beberapa lama kemudian, sekitar pekan pertama Januari 2003, kelompok itu mengaku telah berhasil melahirkan bayi kloning kedua dari pasangan lesbian asal Belanda. Namun, lagi-lagi, tidak ada bukti ilmiah diajukan sehubungan pengakuan itu karena alasan hukum dan pribadi.
Awalnya Prinsip Seorang ilmuwan bernama Gurdon mengambil inti sel (nucleus) dari sel telur katak, lalu menggantinya dengan sel usus, hasilnya lahirlah kecebong-kecebong kecil, yang kemudian mati sebelum tumbuh menjadi katak dewasa
Spesies yang berhasil diklon Kecebong (1952) Ikan (1963) Domba (1996) Monyet , Anak sapi, Kuda
Dolly sidomba hasil kloning lahir tanggal 5 Juli 1996 di Roslin Institute, Edinburgh, Skotlandia, "kloning" sendiri telah diselidiki dan di teliti dalam bidang biologi sejak lama , namun baru terkenal dan dikenal orang sejak lahirnya dolly dari induk domba yang berumur 6 yahun. Dolly adalah anak domba yang lahir tanpa kurang suatu apapun, walaupun ia bermula dari sebuah sel telur kosong yang diisi dengan nukleus sel kelenjar susu ibunya. Dr.Wilmut menamakan domba kecil ini seperti artis Amerika berdada besar Dolly Parton). Dengan demikian, tidak seperti domba normal lainnya yang memiliki separuh informasi genetika si ayah dan separuh dari si ibu, setiap sel di tubuh Dolly menyimpan kode genetis yang sama persis dengan ibunya..Bisa dikatakan Dolly adalah kembar dari si ibu yang terlambat lahir 6 tahun lamanya. (Umur si ibu pada saat itu). Namun setelah hidup hanya 6 tahun (umur domba biasanya mencapai 11 - 12 tahun), Dolly mati muda disebabkan penyakit paru - paru yang biasanya menyerang domba - domba yang lanjut usia. Dolly juga mengidap penyakit arthritis, mengerasnya sendi - sendi dan engsel tulang , dan penyakit ini juga biasa ditemukan pada domba yang sudah uzur. Penelitian sesudah kematiannya, menunjukkan bahwa Dolly memiliki telomer yang lebih pendek daripada domba normal seusianya. Telomer adalah bagian yang melindungi ujung- ujung kromosom- bundelan rantai DNA- yang memendek setiap kali sebuah sel membelah, atau boleh dikatakan setiap saat individu itu bertumbuh. Dolly dikloning dari domba yang berusia 6 tahun dan hasil penelitian ini seolah - olah menunjukkan bahwa tubuh Dolly sudah berumur 6 tahun pada saat dilahirkan.
277 adalah jumlah sel telur yang dipakai dalam percobaan ini. Dan satu - satunya yang berhasil hanya hidup singkat. Tidak heran kalau kemudian timbul kalangan yang mati - matian menentang kloning manusia. Bagi mereka ini tidak lain adalah sebuah pembunuhan

Pada tahun 2002 berita tentang "kloning" kembali menggemparkan dunia ketika Dr. Boisselier, anggota Raelians ( sebuah grup religius yang percaya bahwa manusia diciptakan oleh makhluk luar angkasa yang mengkloning dirinya sendiri) mengumumkan bahwa seorang bayi kloning telah lahir dengan selamat, sebagai buah penelitian grupnya akhir tahun 2002 kemarin, Walaupun kemudian tidak pernah ada bukti foto bayi dan ibunya

Namun toleransi etika manusia : menciptakan anak sehat yang gennya didesain sedemikian rupa , sehingga si kakak yang hampir mati karena menderita penyakit beta-thalassaemia (sejenis kanker darah bawaan) dapat diselamatkan dengan transplantasi sumsum tulang belakang dari stem cell embrio adiknya. Suatu kasus yang dimenangkan di pengadilan Inggris bulan April lalu setelah melalui pengadilan selama hampir 1 tahun.


APA KATA ISLAM TENTANG KLONING


Professor Abdulaziz Sachedina of the University of Virginia, merujuk pada ayat Alquran surat Al-Mukminun 12-14, bahwa ilmuwan yang mengadakan cloning tidak mempercayai Allah adalah pencipta yang paling sempurna terhadap mahluknya Usaha mengkloning adalah usaha mengingkari kesempurnaan Allah
.QS, 23:12-14” Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik”.
Professor Abdulaziz Sachedina of the University of Virginia quotes Chapter 23, verse 12-14 of the Qur'an. He suggests that "A tenable conclusion, derived by rationally incliinterpreters of the above-cited verse of the Qur'an, suggests that as participants in the act of creating with God, (God being the Best of the creators) human beings can actively engage in furthering the overall well estate of humanity by intervening in the works of nature, including the early stages of embryonic development, to improve human health."

Hasil konferensi tahun 1997 oleh Islamic fiqh mengemukakan pandangan bahwa Allah adalah pencipta alam semesta , seminar ini menyimpulkan bahwa Kloning manusia itu haram dan Kloning terhadap hewan itu halal , Kloning terhadap manusia itu akan menimbulkan masalah komplek social dan moral.A 1997 conference was organized in Casablanca by The Islamic Fiqh Council. A consensus was reached "that cloning does not bring into question any Islamic belief in any way. Allah is the Creator of the universe but He has established the system of cause-and-effect in this world. Sowing a seed in the ground is the cause but only Allah produces the effect from it in the form of a plant. Similarly cloning is a cause and only through Allah's Will it can produce the effect. Just as the person sowing the seed is not the creator of the resulting plant, so the cloning technician is not the creator of the resulting animal. Allah alone is the Creator and all creation takes place solely through His Will." Most attendees concluded that cloning is permissible for plants and animals, but not humans. "The extension of cloning to human beings would create extremely complex and intractable social and moral problems."

Fatwah terakhir, tentang larangan mengkloning manusia dikeluarkan jawatan Kuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Malaysia melalui keputusan mudzakarah yang ke 51 pada tanggal 11 maret 2002, menetapkan bahwa : (1) Kloning manusia untuk tujuan apapun adalah haram, karena bertentangan dengan fitrah kejadian manusia, sebagaimana yang ditentukan oleh Allah SWT. (2) penggunaan stem cell dengan tujuan medis sejauh tidak ber tentangan dengan hokum syara diperbolehkan

Ali Yafie dengan tegas menyatakan bahwa bayi kloning merupakan bayi bermasalah dalam bentuk hukum islam karena bersangkutan dengan:
1. bayi kloning akan dipertanyakan siapa ibu dan bapak syahnya
2. Dalam proses kloning terdapat 3 pihak, I. Perempuan yang diambil sel telurnya, 2. donor pemberi selnya (inti selnya akan mengganti inti sel pertama yang sudah dihancurkan, 3. Ibu pengganti yang rahimnya dipakai untuk menanam embrio yang berasal dari donor, sampai dalat menyelesaikan perkembangannya dan melahirkannya, ketiga pihak itu dipertanyakan status dan hubungannya dalam unit keluarga
3. Proses kloning menggambarkan lahirnya manusua akan mendapat nasab dari mana.
4. Pihak manakah yang bertanggung jawab atas kelanjutan hidup bayi Kloning
5. Apa Maslahat dan kemudaratan dari kloning manusia.

Kloning berdasarkan Undang-undang perkawinan No. ! tahun 1974 juga bertentangan , karena anak yang syah adalah anak yang lahir dari dalam atau sebagai akibat perkawinan yang syah
KESIMPULAN
Kloning secara etimologis berasal dari kata”clone” yang diturunkan dari kata yunani ”klon” atau potongan.Kloning adalah usaha memproduksi satu atau lebih individual tanaman atau hewan (keseluruhan atau hanya perbagian saja), yang secara genetika sama dengan induk tanaman atau binatang tersebut. Ditinjau dari cara kerja dan tujuannya, Kloning dapat dibedakan atas 3 macam: Kloning embriologi (embrional cloning), Kloning DNA dewasa (Adult DNA Clonning)/Kloning reproduksi (reproduktive cloning dan Kloning terapetik(therapeutic cloning)
Kloning pengobatan (therapeutic cloning adalah disebut juga biomedical cloning yang melibatkan proses somatic sel nucleus yang di suntikan pada ovum seorang wanita yang sudah di angkat nukleusnya, dan Tujuan dari terapi cloning ini adalah untuk mengembangkan organ yang akan ditransplantasikan yang secara genetika /DNA structural nya sama dengan sipenerima transplantasi karena berasal dari sel nya sendiri. Sehingga resiko penolakan organ menjadi kecil karena jaringan dan organ yang ditransplantasikan mempunyai sifat genetik yang sama.
Arthur Caplan, pakar etika kedokteran Universitas Pennsylvania mengatakan, ia ragu Clonaid sukses menciptakan kloning lewat 10 percobaan. Menurut Caplan, percobaan pada hewan umumnya hanya menciptakan satu keberhasilan dalam 400 percobaan.
Dolly sidomba hasil kloning lahir tanggal 5 Juli 1996 di Roslin Institute, Edinburgh, Skotlandia, "kloning" sendiri telah diselidiki dan di teliti dalam bidang biologi sejak lama , namun baru terkenal dan dikenal orang sejak lahirnya dolly dari induk domba yang berumur 6 yahun. Dolly adalah anak domba yang lahir tanpa kurang suatu apapun, walaupun ia bermula dari sebuah sel telur kosong yang diisi dengan nukleus sel kelenjar susu ibunya. .Bisa dikatakan Dolly adalah kembar dari si ibu yang terlambat lahir 6 tahun lamanya. (Umur si ibu pada saat itu). Namun setelah hidup hanya 6 tahun (umur domba biasanya mencapai 11 - 12 tahun), Dolly mati muda disebabkan penyakit paru - paru yang biasanya menyerang domba - domba yang lanjut usia. Dolly juga mengidap penyakit arthritis, mengerasnya sendi - sendi dan engsel tulang , dan penyakit ini juga biasa ditemukan pada domba yang sudah uzur. Penelitian sesudah kematiannya, menunjukkan bahwa Dolly memiliki telomer yang lebih pendek daripada domba normal seusianya.

Fatwah terakhir, tentang larangan mengkloning manusia dikeluarkan jawatan Kuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Malaysia melalui keputusan mudzakarah yang ke 51 pada tanggal 11 maret 2002, menetapkan bahwa : (1) Kloning manusia untuk tujuan apapun adalah haram, karena bertentangan dengan fitrah kejadian manusia, sebagaimana yang ditentukan oleh Allah SWT. (2) penggunaan stem cell dengan tujuan medis sejauh tidak ber tentangan dengan hokum syara diperbolehkan



Hasil konferensi tahun 1997 oleh Islamic fiqh mengemukakan pandangan bahwa Allah adalah pencipta alam semesta , seminar ini menyimpulkan bahwa Kloning manusia itu haram dan Kloning terhadap hewan itu halal , Kloning terhadap manusia itu akan menimbulkan masalah komplek social dan moral. bertentangan dengan hokum syara diperbolehkan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar